February 26, 2012

Kenapa anak gadis dilarang guna handphone?

Perempuan single dilarang memiliki handphone. Ini ketentuan yang berlaku di suatu desa di India. Alasannya, agar si perempuan tak boleh kahwin lari.

Di Desa Lank di India Utara, adat setempat memberi hukuman mati kepada pasangan yang menikah tanpa restu. Larangan menikah terutama berlaku untuk perempuan dan laki-laki dengan kasta yang sama.

Kelompok tua desa Lank, melarang handphone untuk gadis sedangkan para jejaka boleh menggunakan HP asalkan diawasi oleh orang tuanya.

Sebahagian wilayah di India Utara menilai pernikahan sesama anggota kasta adalah terlarang. Pernikahan biasanya ditentukan oleh keluarga.

Di wilayah desa yang konservatif, pelanggaran atas tabu-tabu pernikahan boleh mengakibatkan pembunuhan demi harga diri.

Kelompok tua desa Lank khuatir remaja lelaki dan perempuan akan menggunakan handphone untuk merencanakan pernikahan tanpa restu keluarga.

Bulan lalu, 34 pasangan kahwin lari di distrik Muzaffarnagar. Desa Lank terletak di negara bahagian Uttar Pradesh. Lapan pasangan di antaranya terpaksa menebus keputusan itu dengan nyawa mereka.

"Tiga perempuan dipenggal oleh anggota keluarga besarnya kerana menikah dengan pemuda satu kasta," kata Pegawai Polis Brij Lal, di Lucknow, ibukota Uttar Pradesh.

Kelompok Tua desa yang disebut Panchayat sangat berkuasa di desa Uttar Pradesh. Mereka menyatakan perempuan dan laki-laki yang punya kasta sama adalah saudara kandung.